THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Time

Kamis, 26 Agustus 2010

Beberapa Aktivitas/Kegiatan Yang Tidak Berguna/Bermanfaat Bagi Kita Manusia

Beberapa Aktivitas/Kegiatan Yang Tidak Berguna/Bermanfaat Bagi Kita Manusia

Manusia merupakan makhluk yang beragam baik secara fisik maupun mental sehingga tidak ada manusia yang sama atau identik satu sama lain. Itulah bukti kehebatan dan Kebesaran Tuhan Sang Maha Pencipta. Setiap orang memiliki minat dan hobi masing-masing mulai dari yang memberikan manfaat sampai yang bisa membuat celaka diri sendiri. Di sinilah peran orangtua, anggota keluarga, guru, anggota masyarakat untuk melakukan kontrol.
Banyak orang yang tidak sadar bahwa waktu-waktu mereka banyak terbuang sia-sia untuk sesuatu hal yang tidak bermanfaat baik saat ini maupun di masa mendatang. Akan tetapi mereka tetap melakukan hal tersebut terus-menerus karena rasa menyenangkan yang semu. Bagi sebagian orang mungkin sering tersadar dan menyesal atas perbuatannya, akan tetapi bukannya berhenti tetapi dilakukan lagi.
Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan aktifitas kaum muda-mudi yang kurang bermanfaat jika dilakukan berlebihan :
1. Main Game
Banyak anak-anak dan pemuda yang gemar main game karena merasa seolah-olah berada di dunia lain terutama game online yang tidak ada tamatnya. Bukannya dapat prestasi dan uang, umumnya malah uang habis, waktu habis dan prestasi akademik turun. Sebaiknya para orang tua bersatu patungan beli mesin video games agar secara bersama-sama (kolektif) mudah memantau apa yang dimainkan anak-anak dan membatasi jam main di depan tv anak kita.
2. Main Internet
Gunakan internet secukupnya. Hindari tenggelam dalam komunitas maya yang tidak memberi manfaat. Contohnya banyak orang yang gemar ngenet ke forum internet hanya untuk mendapat level tinggi dan kepuasan pribadi dengan postingan sampah bukannya untuk belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan. Pakai internet seperlunya jangan terlalu asyik dengan situs jejaring sosial yang kadang hanya berisi ancaman kejahatan.
3. Main Handphone
Saat ini banyak orang yang terlena dengan fasilitas handphone dan tarif murah operator telepon nirkabel. Ada orang yang sampai ketagihan sms, telepon, chating, langganan sms premium mahal, nongkrong di komunitas maya dan lain-lain. Sadar tak sadar seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan hp yang kaya akan fitur canggih. Padahal jauh lebih bermanfaat kalau kita bertemu langsung dengan orang lain untuk komunikasi langsung.
4. Nonton Televisi, Film dan Mendengarkan Radio
Menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyaksikan acara tv dan mendengar radio memang asyik. Akan tetapi hindari acara-acara yang tidak sesuai dengan usia dan isinya tidak bermanfaat. Lihat dan dengar acara yang mendidik dan menghibur secara sehat.
5. Nongkrong
Biasanya anak-anak muda senang nongkrong dengan teman yang itu-itu saja dan cenderung menerima adat negatif perkumpulannya. Sebisa mungkin kita perbanyak teman di dunia nyata, jauhi dan blacklist teman yang suka melakukan perbuatan buruk, jangan tolong-menolong dalam kejahatan dan hindari nongkrong hanya untuk menghabiskan waktu tanpa ingat waktu.
6. Begadang
Jika tidak bermanfaat sebainya jangan dilakukan karena dapat merusak kesehatan kita secara tidak langsung. Biasakan tidur awal dan bangun pagi hari, jangan kebalikannya untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Namun, Jika ada tugas sekolah, kuliah atau kantor, maka begadang boleh saja sekali-kali.
7. Hobi Buta
Punya hobi memang bagus, akan tetapi apa dulu hobinya? Jika hobinya membangun seperti mengoleksi benda koleksi yan terjangkau kantong, berkebun, masak, membaca buku pendidikan, dsb itu bagus. Namun jika hobinya tidak bermanfaat seperti nonton film porno, menipu orang, mengoleksi barang mahal tak terjangkau, belanja barang tidak penting, dll maka sebaiknya hobi tersebut jangan diteruskan dan cari hobi lain yang mendidik.
8. Pacaran
Pacaran sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak sekolah dan kuliah selama tujuannya hanya untuk gengsi, pelampiasan nafsu, iseng, praktek teori dari tv, dan lain sebagainya. Bertemanlah sebanyak-banyaknya dengan lawan jenis, jika sudah cukup umur dan mapan pilih satu yang terbaik dan ajak dia menikah. Jika sudah sepakat untuk hubungan jangka panjang (menikah) maka baru boleh pacar-pacaran selama tidak melakukan hal-hal yang tercela. Pacaran yang salah bisa berujung pada hal negatif seperti sakit hati, stres, cemburuan, putus cinta, selingkuh, hamil di luar nikah, dosa besar, dan lain-lain.
9. Ngerumpi
Membicarakan keburukan orang lain adalah perbuatan yang tidak baik karena menurut agama islam termasuk perbuatan dosa dan hanya buang-buang waktu saja. Kebencian juga akan tersebar ke banyak orang. Salah-salah bila tidak hati-hati bukannya kita menginformasikan kebenaran malah menyebarkan fitnah.
10. Membaca Buku-Buku / Komik Fiksi
Membaca buku fiksi boleh-boleh saja asalkan tidak kebanyakan. Ada banyak buku-buku nonfiksi yang bermanfaat bagi kita. Cobalah datangi toko buku besar yang ada sampel buku yang tidak disegel, cari yang menarik lalu baca. Budayakan untuk membuat suatu pertanyaan atas sesuatu hal yang bisa dijawab dengan membaca buku.
------
Ada banyak kebiasaan yang bermanfaat untuk menggantikan kebiasaan yang tidak berguna seperti belajar, membaca buku-buku non fiksi, bersosialisasi, magang, membantu bisnis saudara atau teman, ikut ekskul, baribadah, memperdalam ilmu agama, dan lain sebagainya. Usahakan kita mengisi waktu kita dengan hal-hal positif yang berguna untuk kehidupan kita di masa datang. Jangan terlena dengan dunia yang tidak nyata karena saat tersadar nanti kita akan sakit hati.

0 komentar:

Slideshow

Chat


ShoutMix chat widget